Selamat Datang di Desa Bajawali

Profil Desa


1. Sejarah Desa

Desa Bajawali terletak di Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara yang dulunya adalah sebuah hutan belantara yang kemudian oleh Pemerintah dibuka untuk menjadi sebuah pemukiman melalui program transmigrasi PIR yang bertujuan untuk penyebaran Jumlah Penduduk dan mengentaskan kemiskinan. Yang pada tanggal 26 Desember 1991 sampai dengan tanggal 12 Maret 1993 ditempatkanlah warga Transmigrasi.Desa Bajawali sebelum menjadi Desa Defenitif  berada dibawa naungan binaan Departemen Transmigrasi yang pada saat itu bernama UPT Baras VII. Dan pada tanggal 26 Februari 1997 Pemerintah melalui Departemen Transmigrasi menyerahkan kepada Pemerintah Daerah dengan Surat Keputusan Pemerintah Departemen Transmigrasi Nomor : Ba.61/M/11/1997 menjadi Desa Definitif.

Di tahun tersebut masyarakat bermusyawarah untuk merumuskan nama yang terbaik untuk Pemukiman Eks Transmigrasi ( UPT Baras VII ) untuk dijadikan sebuah desa, maka tercetuslah nama yang disepakati yaitu “ BAJAWALI “ Yang menurut etimologi berasal dari kata Sansekerta yaitu “ JAVA “ dan “ BALI “. Yang bermakna “ Kelahiran dan tempat berpijak

 

  2.  Demografi Desa

Jumlah Penduduk

Desa Bajawali adalah salah satu desa di Kecamatan Lariang yang mempunyai luas wilayah 6,91 M2. Jumlah penduduk Desa Bajawali sebanyak 723 Jiwa yang terdiri dari  368 laki-laki dan  355  perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak  194  KK.

 Batas-batas administratif pemerintahan Desa Bajawali Kecamatan Lariang  sebagai berikut :

Sebelah Utara

  • :

     Desa Parabu

Sebelah Timur

  • :

     Desa Karave Kec Bulutaba

Sebelah Selatan

  • :

      HGU PT Unggul Widya Teknologi Lestari

Sebelah Barat

  • :

     Desa Singgani

 

Tabel :

Rekapitulasi Jumlah KK, Jiwa ,Rumah di DESA BAJAWALI


Tabel :

Jumlah Penduduk berdasarkan umur


Dari Rekapitulasi jumlah penduduk Desa Bajawali di atas, terlihat bahwa populasi laki-laki lebih sedikit dibandingkan dengan Perempuan. Dan dari jumlah penduduk di atas, hampir seluruhnya etnis Bali (90% etnis Bali Beragama Hindu), selebihnya merupakan etnis lain seperti Etnis jawa (15%beragama Islam )dan Toraja ( 5% beragama Kristen )

Oleh  karena  kehidupannya yang heterogen yakni hampir  seluruhnya  didiami beberapa etnis tapi kehidupan masyarakat sangat rukun,   kekelurgaan yang tinggi, serta  kekompakkan dan solidaritas yang kuat antara suku yang satu dengan yang lain. Selain itu, tradisi dan adat istiadat khususnya adat Bali di junjung tinggi dan terjaga dengan baik walaupun masyarakatnya terbilang heterogen.

Namun demikian, mereka juga tidak tertutup dengan orang lain. Mereka senantiasa lapang dada menerima orang lain kapan saja. Sebagaimana lazimnya Masyarakat yang lain, Masyarakat Desa Bajawali juga sangat menghargai orang lain  dengan baik. Selain karena  faktor agama, adatnya juga mengajarkan untuk senantiasa menghormati dan menghargai  orang lain.

2.2  Keadaan Sosial, Budaya 

            Desa  Bajawali  dalam   kategori  keagamaan   terbagi menjadi Tiga yaitu Agama Hindu sekitar 90 %, agama Islam sekitar 15% dan Agama Kristen  sekitar 5% . Demikian pula dari segi budaya yaitu budaya Bali, jawa dan Toraja. Walaupun  kondisi internal mereka yang heterogen dinamika sosial kebudayaan dan keagamaan yang terjadi dalam Masyarakat Desa Bajawali Baik - baik saja, tidak ada lompatan sosial budaya yang terjadi secara cepat dan simultan. Namun demikian tidak bisa juga dikatakan bahwa tidak terjadi dinamika. Kalau dalam persoalan agama merata mayoritas Hindu, maka dalam tradisi kebudayaan begitu juga adanya.


Masyarakat Desa Bajawali tetap memelihara tradisi budayanya dan hal ini yang membuat Masyarakat Desa Bajawali tetap eksis sampai saat ini.

Tabel   :

Data kelembagaan / organisasi yang ada di DESA BAJAWALI 

Tabel  : Data kelembagaan / Organisasi kesenian


2.3. Keadaan Ekonomi

Mata Pencaharian 

Masyarakat Desa Bajawali pada umumnya adalah petani. Lokasinya yang dikelilingi perbukitan menjadikan mereka kebanyakan menjadi petani yang mempunyai lahan-lahan perkebunan/ladang. Hal ini juga di tunjang dengan beberapa sungai yang mengelilinginya sehingga menjadikan tanah mereka cukup subur untuk ditanami.

            Tanaman yang mereka tanam di kebun kebanyakan tanaman  Kelapa dalam, kelapa sawit, Buah-buahan dan  kakao.  Selain itu  ada juga tanaman  lain   seperti,   pohon   pisang dan singkong yang bermanfaat untuk dibuat kripik. Namun yang paling dominan adalah tanaman Kakao, serta pohon Kelapa yang sengaja dipelihara, karena itu sepanjang jalan yang dilewati, pohon Kelapa Sawit merupakan pemandangan yang tidak pernah luput dari pandangan.

Tanaman kakao dan kelapa Sawit menjadi tanaman inti karena disamping harga jualnya yang tinggi, juga akses pemasarannya yang terbilang mudah. Selain itu perawatannya gampang, tidak terlalu rumit dan tidak terlalu membebani. Mata   pencaharian  secara  umum  dalam  Masyarakat Desa    Bajawali    adalah     bertani dan pekebun.    

Makanya   petani dan Pekebun merupakan identitas yang paling dominan dalam  masyarakat  Desa  Bajawali dipagi  hari  sampai siang rata-rata mereka ke kebun/ladang

            Selain bertani,  sebagian  masyarakat  ada juga beternak sebagai tambahan penghasilan. Kebanyakan dari mereka beternak Sapi dan sebahagian lagi beternak kambing dan ayam dan Babi. Namun beternak Kambing, ayam dan Babi hanya untuk menambah penghasilan dan kebutuhan sehari-hari. Bagi yang memelihara Sapi maksimal punya 3-7 ekor. Kambing dan ayam dan Babi biasanya dijual untuk tambahan penghasilan dan biaya hidup sehari-hari. Namun bagi yang pelihara sapi selain untuk tambahan penghasilan karena nilai jualnya mahal.

Selain petani, beberapa dari Masyarakat Desa Bajawali ini juga ada yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pensiunan dan wiraswasta. Proporsi Mata Pencaharian Penduduk Masyarakat Desa Bajawali dapat dilihat pada tabel  berikut :

 

Dari data tabel diatas menunjukan bahwa masyarakat Desa Bajawali didominasi oleh petani sebagai mata pencaharian utama masyarakat.

B.   Kondisi Pemerintahan Desa.    

Pembagian Wilayah Desa.
Desa Bajawali terdiri dari 4 (Empat) Dusun yang terdiri dari, Dusun Kerta, Dusun Makmur ( Ibukota Desa ), Dusun lestari, Dusun Mandiri, Dari  4  Dusun  yang  ada Di Desa Bajawali Dusun yang terpadat    penduduknya   dan    tergolong    ramai   adalah Dusun  Makmur  karena  fasilitas  Kantor  Desa  berada  di dusun tersebut.